Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
-->Selamat Datang Di Blog Saya<--

Sejarah Dan Kebudayaan Kota Tarakan


Judul posting kali ini sangat jauh melenceng dari tema blog saya yaitu mengenai korea. Akan  tetapi, karena saya ingin mengenalkan tempat tinggal saya kepada anda dan juga agar anda tahu tentang Kota Tarakan. Siapa tahu anda tertarik untuk berkunjung kemari apalagi dalam waktu dekat ini akan di selenggarakan ‘Iraw Tengkayu’ yaitu pesta yang di adakan dua tahun sekali.

Kota Tarakan berdasarkan cerita rakyat berasal dari bahasa Tidung kuno yakni dari kata Tarak dan Ngakan, dalam bahasa Tidung Tarak mempunyai arti bertemu sedangkan Ngakan berarti Makan. Kata ngakan merupakan indikasi bahwa para nelayan dulu sering berisitirahat dan makan dipulau ini, yang menjadi tempat pertemuan para nelayan disekitar pulau ini seperti dari daerah Salim batu, tana lia, Pulau bunyu, Sesayap, Sembakung dan lain lain. Tarakan juga sebagai tempat bermuaranya tiga sungai besar diutara Kalimantan Timur seperti sungai Sesayap/Malinau, Sungai Kayan, dan Sungai Sembakung.
Tarakan juga disebut dengan istilah Tengkayu yang dari bahasa Tidungnya berarti daerah yang dikelilingi oleh laut atau Pesisir.

Menurut sejarah Tarakan pernah menjadi lokasi pertempuran sengit perang dunia ke 2 antara tentara jepang dengan tentara Australia. Sebanyak 235 tentara Australia tewas pada pertempuran itu. Di kota Tarakan masih terdapat banyak tugu peringatan tentara Australia di lokasi yang sekarang menjadi sebuah kompleks militer. Tugu peringatan ini dibangun untuk mengenang tentara Australia yang tewas dalam upaya membebaskan Tarakan dari pendudukan jepang. Dilokasi lainnya terdapat kuburan tentara jepang yang berada dibekas bunker jepang dikawasan perbukitan .

Obyek wisata di kota Tarakan antara lain Pantai Amal yang berjarak 11 KM dari pusat kota yang letaknya di kecamatan Tarakan Timur. Setiap dua tahunsekali di Pantai Amal ini akan diselenggarakan Pesta Adat Tidung yakni "Iraw Tengkayu".

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar